Pengembangan Strategi Pembelajaran Kosakata dengan Media Permainan "Pertualangan Kata" Berdasarkan Teori Behaviorisme untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Empat di SDIT Nurul Fikri Aceh

Siti Fatimah Zuhra, 231004005 (2025) Pengembangan Strategi Pembelajaran Kosakata dengan Media Permainan "Pertualangan Kata" Berdasarkan Teori Behaviorisme untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Empat di SDIT Nurul Fikri Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Permainan Rihlatul Kalimat] Text (Media Permainan Rihlatul Kalimat)
tesis zuhra akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Media Permainan Rihlatul Kalimat] Text (Media Permainan Rihlatul Kalimat)
tesis zuhra akhir-1-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDIT Nurul Fikri Aceh, peneliti menemukan bahwa para siswa belum terbiasa untuk mengulang kembali kosakata yang telah dipelajari kecuali ketika mendekati waktu ujian. Hal ini menyebabkan mereka cepat melupakan kosakata yang telah dihafal. Ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa belum sepenuhnya optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran kosakata dengan media permainan "Pertualangan Kata" berdasarkan teori behaviorisme, dan mengetahui seberapa efektif penerapannya untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, serta mengetahui respon siswa terhadap permainan "Pertualangan Kata" yang telah dirancang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Sugiyono yang terdiri dari sepuluh langkah.. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas empat di SDIT Nurul Fikri Aceh, dan sampelnya sebanyak 30 siswa, 6 untuk kelompok kecil, dan 24 untuk kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan strategi pembelajaran kosakata dengan media. permainan "Pertualangan Kata" berdasarkan teori behaviorisme dilakukan sesuai dengan metode penelitian dan pengembangan dengan model Sugiyono dalam sepuluh tahap, dengan penerapan prinsip stimulus dan respons, penguatan dan hukuman, latihan dan pengulangan, serta pembentukan perilaku bertahap. Media permainan ini memperoleh penilaian ahli konten sebesar 100% dan ahli desain sebesar 99% dengan kriteria sangat layak, sehingga media permainan layak digunakan. Hasil Uji Paired Sample T-Test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok kecil (Sig.2-tailed - 0,004) dan kelompok besar (Sig.2-tailed=0,000) lebih kecil dari pada (0,005), sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H,) diterima, yang menunjukkan media permainan terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, Respon siswa sangat setuju dengan persentase 96,6% untuk kelompok kecil dan 91,6% untuk kelompok besar, dengan kriteria sangat menarik, menunjukkan bahwa media ini menarik digunakan untuk membantu siswa dalam mengulang dan mengingat kembali kosakata serta membentuk kebiasaan belajar yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Fatimah Zuhra
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:33
Last Modified: 03 Sep 2025 08:33
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51519

Actions (login required)

View Item
View Item