Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya

Nuriza Sapuan, 190802122 (2025) Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya] Text (Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya)
SKRIPSI NURIZAH FINAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya] Text (Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Pada Kantor Camat Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik yang optimal sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia, khususnya ASN dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara profesional. Di Kantor Camat Kuala Pesisir, meskipun ASN memiliki peran strategis, masih ditemukan kendala seperti rendahnya kedisiplinan, minimnya inisiatif, dan ketidakkonsistenan dalam pelaksanaan tugas. Budaya kerja juga belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai dasar ASN seperti integritas, tanggung jawab, dan kerja sama. Kebiasaan “ngopi” di jam kerja, meskipun bagian dari budaya lokal, berpotensi mengganggu ritme pelayanan jika tidak diatur dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain kendala internal, seperti kurang disiplin dan keterampilan, terdapat pula pengaruh eksternal dari budaya lokal. Meskipun pemerintah telah menerapkan nilai-nilai ASN BerAKHLAK sebagai pedoman, implementasinya masih belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan komitmen bersama, pengawasan berkelanjutan, serta peran pimpinan sebagai teladan untuk memperkuat budaya kerja ASN yang berorientasi pada pelayanan publik profesional dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nuriza Sapuan
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:19
Last Modified: 04 Sep 2025 02:19
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51555

Actions (login required)

View Item
View Item