Aidila Izuna, 210201101 (2025) Keterlibatan Aktif Orang Tua Terhadap Pendampingan Belajar Al-Qur’an Santri Pada TPA H.M Zeyn Manaf Geuceu Iniem Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
COVER-BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
AIDILA IZUNA- SKRIPSI 2025 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterlibatan aktif orang tua dalam proses pendampingan belajar Al-Qur’an, mengingat peran orang tua tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga memberikan dukungan moral, bimbingan, dan motivasi kepada anak agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk keterlibatan aktif orang tua dalam pendampingan belajar Al-Qur’an santri di TPA H.M Zeyn Manaf Geuceu Iniem Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh, faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat keterlibatan tersebut, serta sejauh mana dampaknya terhadap perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bentuk keterlibatan aktif orang tua, menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya, serta menilai pengaruh keterlibatan tersebut terhadap hasil belajar santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap 27 orang tua santri sebagai responden utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua terwujud dalam beberapa bentuk, antara lain pendampingan rutin membaca Al-Qur’an di rumah, pemberian motivasi dan penghargaan atas kemajuan anak, penyediaan waktu khusus untuk belajar agama, serta komunikasi intensif dengan ustaz dan ustazah di TPA. Faktor pendukung meliputi kesadaran tinggi orang tua akan pentingnya pendidikan agama dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah, sedangkan faktor penghambat di antaranya keterbatasan waktu karena kesibukan kerja dan kemampuan membaca Al-Qur’an sebagian orang tua yang masih rendah. Secara keseluruhan, keterlibatan aktif orang tua terbukti berkontribusi positif terhadap peningkatan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPA tersebut.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.342 TPA dan TKA |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Aidila Izuna |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:51 |
| Last Modified: | 04 Sep 2025 08:51 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51575 |
