Program Pembinaan Tahsin Santri Di TPQ Babussalam Lam Ujong Aceh Besar

Muhammad Haikal Fikri, 190201082 (2025) Program Pembinaan Tahsin Santri Di TPQ Babussalam Lam Ujong Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Program Pembinaan Tahsin Santri Di Tpq Babussalam Lam Ujong Aceh Besar] Text (Program Pembinaan Tahsin Santri Di Tpq Babussalam Lam Ujong Aceh Besar)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Program Pembinaan Tahsin Santri Di Tpq Babussalam Lam Ujong Aceh Besar] Text (Program Pembinaan Tahsin Santri Di Tpq Babussalam Lam Ujong Aceh Besar)
SKRIPSI BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program pembinaan tahsin merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang secara sistematis dan bertahap oleh ustadz dan ustadzah dengan tujuan membimbing, memperbaiki, serta meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri. Upaya ini tidak hanya dimaksudkan untuk memperindah bacaan, tetapi juga menanamkan kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai lembaga pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an sejak usia dini. TPQ Babussalam Lam Ujong merupakan salah satu lembaga yang menjalankan program pembinaan tahsin guna memberikan bimbingan terstruktur dan intensif kepada para santri. Pertanyaan penelitian yang dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan program pembinaan tahsin di TPQ Babussalam Lam Ujong serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembinaan tahsin di TPQ Babussalam Lam Ujong secara umum telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan bacaan santri serta komitmen para pengajar dalam memberikan bimbingan. Namun demikian, terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala, antara lain perbedaan kemampuan santri dalam menerima materi, tingkat kehadiran yang tidak merata, kurangnya pendampingan dari sebagian wali santri di rumah, serta keterbatasan waktu pembelajaran. Adapun faktor pendukungnya meliputi semangat ustadz dan ustadzah, ketersediaan metode pembelajaran yang sesuai, serta dukungan lingkungan TPQ. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program tahsin, baik di TPQ Babussalam Lam Ujong maupun lembaga serupa, sebagai upaya meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haikal Fikri
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:53
Last Modified: 04 Sep 2025 08:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51582

Actions (login required)

View Item
View Item