Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Kecenderungan Phubbing Pada Mahasiswa Program Studi PAI UIN Ar-Raniry

Safrijal Iwantona, 210201195 (2025) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Kecenderungan Phubbing Pada Mahasiswa Program Studi PAI UIN Ar-Raniry. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 15 (3). pp. 1-24. ISSN 2460-0733 (Submitted)

[thumbnail of Fenomena phubbing pada mahasiswa] Text (Fenomena phubbing pada mahasiswa)
Safrijal Iwantona_Repository.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya penggunaan smartphone di kalangan mahasiswa telah memunculkan perilaku phubbing, yaitu kecenderungan mengabaikan interaksi sosial langsung selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendekatan pembelajaran dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam dengan kecenderungan phubbing di ruang kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dukungan data kualitatif melalui penyebaran angket, wawancara dosen, dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif dan interaksi dua arah cenderung menurunkan frekuensi phubbing. Meski secara statistik tidak ditemukan hubungan yang signifikan, data kualitatif menunjukkan bahwa variasi metode pembelajaran, keteladanan dosen, serta penanaman nilai-nilai keislaman berperan dalam menumbuhkan kesadaran mahasiswa terhadap etika belajar dan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan pendekatan pembelajaran yang bukan hanya berfokus pada materi akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter dan disiplin digital mahasiswa dalam konteks pendidikan Islam.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safrijal Iwantona
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:13
Last Modified: 22 Sep 2025 04:18
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51598

Actions (login required)

View Item
View Item