Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 4 Banda Aceh

Cut Miftahul Jannah. Sy, 210208034 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 4 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 4 Banda Aceh)
SKRIPSI LENGKAP CUT MIFTAHUL JANNAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 4 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 4 Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Animate Pada Materi Hidrolisis Garam dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Proses pembelajaran kimia disekolah masih didominasi oleh metode ceramah dan penggunaan buku teks yang hanya didukung media sederhana seperti papan tulis, powerpoint dan canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat validitas serta untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate yang dikembangkan pada materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian berjumlah 35 orang peserta didik kelas XII KP-2 dan 1 orang guru yang mengajar mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Instrumen Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar analisis kebutuhan peserta didik, lembar pedoman wawancara guru, lembar validasi media, lembar angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh 1) hasil validasi oleh ketiga validator memperoleh rata-rata persentase sebesar 82,18% dengan kriteria “Sangat Valid”, 2) hasil respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 95,89% dengan kriteria “Sangat Setuju”, 3) hasil respon guru memperoleh persentase sebesar 88,57% dengan kriteria “Sangat Setuju”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Animate pada Materi Hidrolisi Garam di SMA Negeri 4 Banda Aceh Sangat Valid digunakan dalam proses pembelajaran kimia di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Miftahul Jannah. Sy
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:41
Last Modified: 09 Sep 2025 04:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51672

Actions (login required)

View Item
View Item