Eni Fatma, 210208023 (2025) Analisis Karakter Bernalar Kritis dan Mandiri Peserta Didik Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Trumon. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI ENIFATMA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
SKRIPSI ENIFATMA BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan di era Kurikulum Merdeka menekankan penguatan karakter peserta didik sesuai dimensi Profil Pelajar Pancasila, namun karakter bernalar kritis dan mandiri di SMA Negeri 1 Trumon masih belum di evaluasi, khususnya dalam pembelajaran kimia pada materi struktur atom yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, karakter bernalar kritis dan karakter mandiri peserta didik penting untuk dianalisis karena keduanya menjadi dasar dalam berpikir logis, menganalisis informasi, serta mengatur proses belajar secara mandiri, terutama pada pembelajaran struktur atom yang bersifat abstrak dan menuntut pemahaman mendalam tanpa bergantung penuh pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter bernalar kritis dan mandiri peserta didik pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Trumon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan angket kepada 30 peserta didik di kelas X IPA 1 dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter bernalar kritis terdapat 40,0% peserta didik berada pada kategori sudah mahir, mahir sebanyak 46,7% peserta didik, dan sudah berkembang sebanyak 13,3% peserta didik. Sementara itu, karakter mandiri peserta didik berada pada kategori sudah mahir sebanyak 46,7% peserta didik, kategori mahir sebanyak 36,7% peserta didik, kategori sudah berkembang sejumlah 16,6% peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta didik telah mampu memahami, menganalisis, dan menyimpulkan informasi serta mengatur proses belajar secara mandiri tanpa bergantung pada guru, meskipun masih terdapat keterbatasan dalam memperoleh dan mengolah informasi, mengenali diri, menyesuaikan dengan situasi, serta mengatur pembelajaran dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Eni Fatma |
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:17 |
| Last Modified: | 10 Sep 2025 03:25 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51675 |
