Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh)

Muhammad Rayyan, 200602005 (2025) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang keputusan pembelian produk makanan berlabel halal.] Text (Membahas tentang keputusan pembelian produk makanan berlabel halal.)
Skripsi B5 Muhammad Rayyan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Membahas tentang keputusan pembelian produk makanan berlabel halal.] Text (Membahas tentang keputusan pembelian produk makanan berlabel halal.)
Skripsi B5 Muhammad Rayyan (Cover-Bab I).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk makanan berlabel halal pada masyarakat Kota Banda Aceh. Fokus penelitian mencakup faktor sosial, budaya, label halal, dan harga. Hal ini dilatar belakangi oleh meningkatnya kesadaran konsumen Muslim terhadap pentingnya kehalalan produk makanan, baik dari segi agama maupun kualitas dan keamanan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan bantuan software SmartPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh sebanyak 158 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, faktor sosial, budaya, label halal, dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal. Secara simultan, keempat variabel tersebut secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian produk makanan berlabel halal. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun praktis, khususnya bagi konsumen Muslim, pelaku usaha, dan pemangku kebijakan dalam mendorong konsumsi produk halal yang aman dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rayyan
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:23
Last Modified: 09 Sep 2025 08:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51697

Actions (login required)

View Item
View Item