Analisis Penggunaan Model dalam Pembelajaran Kimia, Tinjauan Bibliometrik 2015-2025

Agustina, 210208001 (2025) Analisis Penggunaan Model dalam Pembelajaran Kimia, Tinjauan Bibliometrik 2015-2025. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5 (4). pp. 1-27. ISSN 2807-4238 (Submitted)

[thumbnail of analisis model pembelajaran] Text (analisis model pembelajaran)
jurnal agustina 2025.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)

Abstract

Model pembelajaran kimia adalah bagian penting dalam proses pembelajaran, guna mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran berpengaruh besar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti berupaya menganalisis model pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran kimia dengan jangka waktu 10 tahun terakhir. Tahapan awal penelitian ini adalah dengan mengumpulkan artiket dari google scholar menggunakan publish or perish dan data base dari dimension kemudian dianalaisis terkait perkembangan model pembelajaran kimia menggunakan VOS viewer. Berdasarkan hasil penelitian, model yang paling banyak digunakan dalam penelitian pemebelajaran kimia adalah problem based learning (PBL). Kemudian, disusul dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dan problem solving.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Agustina Agustina
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:52
Last Modified: 10 Sep 2025 08:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51722

Actions (login required)

View Item
View Item