Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil

Rahimi, 200201149 (2025) Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil] Text (Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil)
Rahimi FTK PAI_fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil] Text (Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Remaja Desa Bulu Sema Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil)
Rahimi FTK PAI_cover-bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (826kB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap Muslim sebagai bentuk implementasi ajaran Islam dan pembentukan karakter religius, khususnya bagi remaja. Permasalahan utama yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an di kalangan remaja serta minimnya keterlibatan mereka dalam kegiatan keagamaan seperti tadarusan dan pembacaan Surah Yasin. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap kelestarian nilai-nilai keislaman dan pembinaan spiritual generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca AlQur’an remaja di Desa Bulu Sema, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya partisipasi keagamaan, serta mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dari guru ngaji, tokoh masyarakat, serta para remaja sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an pada remaja bervariasi; sebagian telah lancar, namun banyak yang masih membaca secara terbata-bata. Rendahnya motivasi, kurangnya inovasi metode mengaji, minimnya dukungan keluarga, serta pengaruh teknologi menjadi faktor dominan. Adapun upaya yang disarankan meliputi pelaksanaan program keagamaan berbasis komunitas, pembaruan metode pembelajaran, serta peningkatan peran aktif orang tua dan pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahimi Rahimi
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:29
Last Modified: 15 Sep 2025 02:29
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51785

Actions (login required)

View Item
View Item