Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas

Cut Aisyah Munawarah, 210303030 (2025) Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas] Text (Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas)
SKRIPSI CUT AISYAH REVISI-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas] Text (Hubungan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Akademik Santri Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas hafalan Al-Qur’an dalam menunjang prestasi akademik santri, khususnya di lingkungan pesantren yang mengintegrasikan kurikulum diniyah dan formal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kualitas hafalan Al- Qur’an dengan prestasi akademik santri kelas XI Madrasah Aliyah Terpadu di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung di lokasi untuk memperoleh data empiris dari subjek penelitian. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi hasil nilai hafalan dan prestasi akademik santri. Hasil analisis data terhadap 48 responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik. Santri yang memiliki kualitas hafalan yang tinggi, baik dari segi kelancaran, ketepatan, dan penguasaan tajwid, cenderung memperoleh prestasi akademik yang tinggi pula. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an tidak hanya berdampak pada aspek religius, tetapi juga mempengaruhi kemampuan akademik santri secara umum. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya program tahfidz yang terstruktur sebagai bagian integral dari pendidikan di pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Cut Aisyah Munawarah
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:43
Last Modified: 16 Sep 2025 07:43
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51824

Actions (login required)

View Item
View Item