Yossi Damaiyati Sembiring, 200802074 (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan pada Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Subulussalam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Kualitas Pelayanan, Ruang Rawat Inap & RSUD]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yossi Damaiyati S, 200802074, FISIP, IAN, 08216122647.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
![[thumbnail of Kualitas Pelayanan, Ruang Rawat Inap & RSUD]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yossi Damaiyati S, 200802074, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (16MB)
Abstract
Ketidakpuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat inap disebabkan oleh kurangnya fasilitas memadai, informasi yang tidak jelas, pelayanan lambat, masalah perhitungan biaya, sikap tidak ramah dan kurang peduli dari staf medis, serta kondisi fisik ruangan yang tidak memadai. Hal ini akan berdampak negatif pada partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada ruang rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Subulussalam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 93 pasien rawat inap RSUD Kota Subulussalam. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner pada pasien rawat inap RSUD Subulussalam.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di RSUD Subulussalam diperoleh hasil yang sangat positif. Dimensi Ketampakan Fisik memperoleh skor rata-rata 4,25, yang menunjukkan fasilitas yang modern dan lingkungan yang menyenangkan, sementara Dimensi Kehandalan mencatat skor tertinggi 4,50, mencerminkan pelayanan yang konsisten dan prosedur medis yang tepat. Dimensi Tanggapan, dengan skor 4,29, menunjukkan respons cepat dan manajemen waktu tunggu yang efisien. Dimensi Jaminan mendapat skor 4,32, menandakan keyakinan terhadap kompetensi petugas kesehatan dan rasa aman selama perawatan. Dimensi Empati, dengan skor 4,47, menggambarkan perhatian tulus dan pemahaman mendalam terhadap pasien, yang secara keseluruhan meningkatkan pengalaman dan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | yossi damaiyati sembiring |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51857 |