Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Nadia Nurul Umi, 180503092 (2025) Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Nadia Nurul Umi_180503092_Penerapan Layanan Prima di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Penerapan Layanan Prima Di Upt. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “penerapan layanan prima di UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi layanan prima serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) layanan prima telah diterapkan secara maksimal sesuai standar yang ditetapkan, termasuk pedoman perpustakaan perguruan tinggi dari perpustakaan nasional, serta standar operasional prosedur (SOP), perpustakaan juga teruis beruipaiyai meningkaitkain kuiailitais lai yainain demi kepuiaisain pemuistaikai. Penerapan layanan prima mengacu pada lima dimensi utama yaitu: tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), serta empathy (empati). Fasilitas perpustakaan cukup memadai, pustakawan memiliki kompetensi serta sikap profesional, pelayanan diberikan secara ramah, serta responsive terhadap pemustaka. (2) Kendala dalam penerapan layanan prima seperti keterbatasan sumber daya manusia (pustakawan), fasilitas yang perlu ditingkatkan, keterbatasan anggaran, kendala pada sistem peminjaman RFID, serta keterbatasan jumlah buku. (3) Upaya dalam mengatasi kendala penerapan layanan prima adalah dengan membuat pelaporan kepada pihak biro UIN Ar-Raniry, kerja sama dengan LP2M dan prodi, negosiasi dengan pimpinan, serta pengusulan sumber daya cadangan dan sistem peminjaman berbasis waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nadia Nurul Umi
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:30
Last Modified: 23 Sep 2025 03:30
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51927

Actions (login required)

View Item
View Item