Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa

Ramadhani, 200211008 (2025) Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa] Text (Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa)
Ramadhani, 200211008, FTK, PTE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa] Text (Penerapan Modul Praktikum Sistem Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Ketidakseimbangan Tiga Fasa)
Ramadhani, 200211008, FTK, PTE - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Modul praktikum pada mata kuliah sistem tenaga listrik untuk materi ketidakseimbangan tiga fasa telah dirancang untuk mendukung pembelajaran, namun belum dimanfaatkan dalam praktikum. Padahal, praktikum penting untuk memperkuat pemahaman, keterampilan teknis, serta kemampuan analisis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan modul tersebut terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa, menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di laboratorium Program Studi Pendidikan Teknik Elektro UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan instrumen tes pre-test, post-test, dan kuesioner. Hasil menunjukkan penerapan modul praktikum meningkatkan rata-rata skor pre-test dari 52 menjadi 86,4 (n gain 0,72, kategori tinggi), dan uji t menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,05). Kuesioner juga menunjukkan respon mahasiswa sangat baik (82,12%). Dapat disimpulkan, penerapan modul praktikum sistem tenaga listrik efektif meningkatkan hasil belajar dan mendapat respon positif dari mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul praktikum, Sistem tenaga listrik, Ketidakseimbangan tiga fasa, Hasil belajar
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Rama dhani
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:02
Last Modified: 24 Sep 2025 08:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51955

Actions (login required)

View Item
View Item