Layanan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Karir Peserta Didik

Nurhalizah Rizan, 210213006 (2025) Layanan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Karir Peserta Didik. EMPATI : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 12 (2). pp. 1-18. ISSN 2581-0677 (Submitted)

[thumbnail of Membahas tentang pemahaman karir] Text (Membahas tentang pemahaman karir)
Nurhalizah Rizan_210213006_removed.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (668kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman karir peserta didik di Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh. Pendekatan kuantitatif dengan desain quasieksperimen nonequivalent control group digunakan, melibatkan 46 siswa yang terbagi sama rata ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen berupa angket pemahaman karir diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji t berpasangan, dan perhitungan N-Gain. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor rata-rata dari 118,7 menjadi 153,8 (p < 0,001), sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan signifikan (142,3 menjadi 143,0, p = 0,847). Nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,594 (kategori sedang– tinggi), sedangkan kelompok kontrol mengalami penurunan (−0,249). Temuan ini membuktikan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif meningkatkan pemahaman karir siswa dan dapat menjadi strategi penting dalam program
bimbingan karir di madrasah maupun sekolah menengah.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurhalizah Rizan
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:32
Last Modified: 25 Sep 2025 07:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/51985

Actions (login required)

View Item
View Item