Pengaruh Live Streaming, Price Discount, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Impulsive Buying Pada Pembelian Shopee Ditinjau Dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Generasi Z Di Banda Aceh)

Magfirah, 200602041 (2025) Pengaruh Live Streaming, Price Discount, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Impulsive Buying Pada Pembelian Shopee Ditinjau Dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Pada Generasi Z Di Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda aceh.

[thumbnail of membahas tentang ekonomi syariah] Text (membahas tentang ekonomi syariah)
Magfirah, 200602041, FEBI, ES..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of membahas tentang ekonomi syariah] Text (membahas tentang ekonomi syariah)
Magfirah, 200602041, FEBI, ES Cover-BAB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan terknologi internet membantu konsumen dalam melakukan aktifitas, khususnya dalam berbelanja. Salah satu platform belanja online yang memanfaatkan ini adalah shopee yang menawarkan fitur dan promosi seperti live streaming dan price discount serta electronic word of mouth yang merupakan komentar atau ulasan sebuah produk yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, price discount, dan electronic word of mouth terhadap impulsive buying pada pembelian shopee ditinjau dalam perspektif konsumsi Islam (Studi pada generasi Z di Banda Aceh). Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik terhadap 100 responden. Data dikumpulkan dengan pembagian kuesioner melalui google form kepada generasi Z yang ada di Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel live streaming dan price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada pembelian shopee ditinjau dalam perspektif konsumsi Islam dikalangan generasi Z di Banda Aceh. Sedangkan variabel electronic word of mouth secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impulsive buying pada pembelian shopee ditinjau dalam perspektif konsumsi Islam dikalangan generasi Z di Banda Aceh. Namun secara simultan variabel live streaming, price discount, dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada pembelian shopee ditinjau dalam perspektif konsumsi Islam dikalangan generasi Z di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Magfirah Magfirah
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:34
Last Modified: 29 Sep 2025 08:34
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52046

Actions (login required)

View Item
View Item