Studi Netnografi Akun Instagram @quranreview dalam Menyampaikan Dakwah Kepada Gen Z

Azkia Ulfa, 210401078 (2025) Studi Netnografi Akun Instagram @quranreview dalam Menyampaikan Dakwah Kepada Gen Z. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 5 (4): 16. pp. 529-547. ISSN 2798-6683

[thumbnail of Membahasan tentang dakwah media sosial] Text (Membahasan tentang dakwah media sosial)
Artikel_Ulfa Azkia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk penyampaian pesan dakwah dan interaksi sosial digital yang terbentuk dalam akun Instagram @quranreview kepada Generasi Z. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan netnografi, serta teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sebagai pisau analisis untuk menilai efektivitas penyampaian pesan dakwah digital. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap konten dan komentar yang dipublikasikan pada periode Januari hingga April 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @quranreview berhasil menerapkan tahapan AIDA secara utuh dalam kontennya, dimulai dari penggunaan visual khas dan topik relevan untuk menarik perhatian, penyusunan narasi reflektif yang membangun ketertarikan, gaya bahasa empatik yang menumbuhkan keinginan spiritual, hingga mendorong tindakan nyata dari audiens seperti berbagi konten, berdiskusi, dan mengikuti kegiatan dakwah daring. Interaksi sosial digital yang tercipta menunjukkan pola komunikasi dua arah yang aktif, empatik, dan reflektif. Audiens tidak hanya menjadi penerima pesan, tetapi juga turut membangun makna melalui komentar, curahan pengalaman, dan diskusi spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa @quranreview mampu menghadirkan dakwah digital yang relevan, menyentuh, dan partisipatif, serta membentuk ruang dialogis yang sesuai dengan karakteristik komunikasi Gen Z di media sosial.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulfa Azkia
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:53
Last Modified: 29 Sep 2025 04:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52052

Actions (login required)

View Item
View Item