Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya

Durratul Hikmah, 210207047 (2025) Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya] Text (Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya)
DURRATUL HIKMAH - 210207047 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya] Text (Penerapan Aplikasi Genially Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII MTsN 2 Pidie Jaya)
DURRATUL HIKMAH - 210207047.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menuntut dunia pendidikan untuk menghadirkan media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik. Namun, di MTsN 2 Pidie Jaya proses pembelajaran IPA, khususnya materi Klasifikasi Makhluk Hidup, masih berlangsung secara konvensional sehingga membuat peserta didik kurang aktif dan kesulitan memahami konsep. Penelitian ini menawarkan solusi melalui penerapan aplikasi Genially yang memiliki fitur visual dan interaktif untuk menyajikan materi secara lebih menarik. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 20 peserta didik. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep, serta lembar observasi aktivitas belajar untuk mengukur keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan uji paired sample t-testuntuk mengetahui perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test,sedangkan data aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari 79 pada pertemuan pertama menjadi 96 pada pertemuan kedua, serta peningkatan skor rata-rata hasil belajar dari 42 pre-test menjadi 85 post-test. Dengan demikian, penggunaan media Genially terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah penerapan media Genially, di mana rata-rata nilai post-testmengalami peningkatan dibandingkan pre-test. Aktivitas belajar peserta didik juga berada pada kategori sangat baik, ditunjukkan oleh keaktifan dalam menjawab pertanyaan, bekerja sama, dan berpartisipasi dalam diskusi kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Genially sebagai media pembelajaran interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Durratul Hikmah
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:47
Last Modified: 29 Sep 2025 06:47
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52053

Actions (login required)

View Item
View Item