Pemanfaatan Poster Sebagai Media Pembelajaran PAI Pada Anak Tuna Grahita di SLB Negeri Sabang

Nasrizal, 221003053 (2025) Pemanfaatan Poster Sebagai Media Pembelajaran PAI Pada Anak Tuna Grahita di SLB Negeri Sabang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan Poster Sebagai Media] Text (Pemanfaatan Poster Sebagai Media)
TESIS FULL,NASRIZAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Pemanfaatan Poster Sebagai Media] Text (Pemanfaatan Poster Sebagai Media)
TESIS COVER- BAB1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi anak tunagrahita memerlukan pendekatan yang tepat guna meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi ajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah poster, karena sifatnya yang visual dan menarik bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Namun, pengembangan poster sebagai media pembelajaran PAI di SLB masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kesesuaian desain dengan karakteristik siswa, efektivitas dalam menyampaikan materi, serta evaluasi penggunaannya dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan poster sebagai media pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sabang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, serta observasi langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan poster dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dan melibatkan guru dalam proses desain. Pelaksanaan penggunaannya di kelas menunjukkan bahwa poster membantu meningkatkan perhatian dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui observasi, asesmen formatif, serta
umpan balik dari siswa dan guru. Dengan demikian, pengembangan poster sebagai media pembelajaran PAI terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita, meskipun masih memerlukan penyempurnaan dalam aspek desain dan keterbacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nasrizal Nasrizal
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:27
Last Modified: 30 Sep 2025 09:27
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52093

Actions (login required)

View Item
View Item