Penggunaan Media Berbasis Augmented Reality (AR) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh

Dini Ramadhani, 210213039 (2025) Penggunaan Media Berbasis Augmented Reality (AR) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh. Journal of Innovative and Creativity, 5 (2): 3425. pp. 23843-23854. ISSN 2775-771X

[thumbnail of Penggunaan media Augmented Reality (Ar) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa] Text (Penggunaan media Augmented Reality (Ar) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa)
Dini_Ramadhani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penggunaan media berbasis augmented reality (AR) dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Menggunakan desain one-group pretest–posttest (n= 80), sample sebanyak 8 siswa mengikuti empat sesi layanan bimbingan yang memanfaatkan materi interaktif AR. Instrumen berupa angket motivasi belajar yang telah divalidasi (21 dari 24 item valid) dan menunjukkan reliabilitas tinggi (Cronbach’s ◻= 0,854). Analisis meliputi uji normalitas, paired sample t-test, dan perhitungan N-Gain. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan skor motivasi (selisih mean = 24,125; t = ◻17,145; p < 0,001) serta rata-rata N-Gain = 0,91 (kategori tinggi), yang mengindikasikan perubahan substansial setelah intervensi. Berdasarkan hasil tersebut, H0 (tidak ada pengaruh AR terhadap motivasi belajar) ditolak dan Ha (ada pengaruh AR terhadap motivasi belajar) diterima. Pembahasan menyorot mekanisme peningkatan motivasi melalui peningkatan perhatian, relevansi materi, interaksi kelompok, dan peningkatan self-efficacy akibat penggunaan AR. Keterbatasan berupa desain tanpa kelompok kontrol, ukuran sampel kecil, dan keterbatasan durasi intervensi dibahas sebagai bahan rekomendasi untuk penelitian lanjutan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Dini Ramadhani
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:35
Last Modified: 06 Oct 2025 02:35
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52126

Actions (login required)

View Item
View Item