Santia Varissa, 210502037 (2025) I’lᾶnuAs-SayyᾶrᾶtifῑAt-TawᾶṣuliAl-Ijtimᾶ’ῑInstigrᾶm (DirᾶsahSῑmiya’iyyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of I’lᾶnuAs-SayyᾶrᾶtifῑAt-TawᾶṣuliAl-Ijtimᾶ’ῑInstigrᾶm (DirᾶsahSῑmiya’iyyah)]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SANTIA VARISSA BSA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of I’lᾶnuAs-SayyᾶrᾶtifῑAt-TawᾶṣuliAl-Ijtimᾶ’ῑInstigrᾶm (DirᾶsahSῑmiya’iyyah)]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas iklan mobil di platform Instagram dengan menggunakan teori semiotika Charles William Morris, melalui analisis tanda berdasarkan tiga aspek utama: semantik yang berkaitan dengan makna, sintaktik yang berkaitan dengan struktur tanda, dan pragmatik yang berkaitan dengan penggunaan tanda dalam menyampaikan pesan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis iklan mobil Toyota yang dipublikasikan pada akun resmi Instagram di delapan negara Arab, yaitu Bahrain, Irak, Yaman, Yordania, Oman, Arab Saudi, Kuwait, dan Libya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan isi iklan serta menganalisis unsur teks dan visual berdasarkan tiga dimensi teori Morris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek semantik, iklan memunculkan makna yang beragam, seperti kekuatan, petualangan, dan kebebasan di Bahrain, Irak, dan Yaman; keanggunan dan identitas budaya di Yordania dan Oman; kebanggaan dan ketangguhan di Arab Saudi; keunggulan teknologi di Kuwait; serta nilai praktis dan kepercayaan di Libya. Pada aspek sintaktik, iklan menggabungkan teks dan gambar dengan penggunaan gaya bahasa yang beragam serta pemilihan warna dan tata letak yang memperkuat daya persuasif. Sementara pada aspek pragmatik, iklan ditujukan untuk membangun hubungan emosional dan citra tertentu dalam benak konsumen, mulai dari citra penjelajah berani, pribadi elegan, simbol kebanggaan nasional, pemimpin yang menguasai teknologi, hingga sosok yang mencari kebebasan, keamanan, kemewahan, maupun keberanian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Santia Varissa |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 08:33 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 08:33 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52138 |