Efektivitas Penerapan Program Sirah Nabawiyah Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa SD Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh

Naziatul Firda, 210201007 (2025) Efektivitas Penerapan Program Sirah Nabawiyah Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa SD Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas, Karakter, Sirah Nabawiyah] Text (Efektivitas, Karakter, Sirah Nabawiyah)
Naziatul Firda, 210201007, FTK, PAI, 085373106656.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Efektivitas, Karakter, Sirah Nabawiyah] Text (Efektivitas, Karakter, Sirah Nabawiyah)
Naziatul Firda, 210201007, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penanaman nilai karakter pada siswa memegang peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku mereka di masa depan. Meskipun program pembentukan karakter telah diterapkan melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah, masih terdapat sejumlah siswa yang belum sepenuhnya menunjukkan karakter positif. Oleh karena itu, pembelajaran Sirah Nabawiyah diharapkan mampu berkontribusi dalam membentuk karakter baik pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pelaksanaan penanaman nilai karakter islami melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah, pola penerapan karakter melalui pembelajaran sirah nabawiyah dilakukan melalui beberapa pendekatan,yaitu:keteladanan, internalisasi nilai, diskusi dan refleksi, penerapan praktis, evaluasi dan pembiasaan. Faktor penghambat dalam pembelajaran Sirah Nabawiyah adalah materi yang cenderung membosankan, rendahnya motivasi belajar, kurangnya konsentrasi siswa, terbatasnya buku dan bahan ajar yang membahas sirah nabawiyah, Sedangkan faktor pendukungnya disebabkan oleh gaya belajar audio-visual yang mereka sukai dan dukungan orang tua. Kendala guru PAI dalam penerapan pembelajaran sirah nabawiyah terhadap karakter siswa adalah kurangnya kreativitas sebagian guru dalam menggali dan mengembangkan potensi karakter religius siswa. Beberapa pengajar hanya menekankan aspek formalitas seperti keteraturan shalat, tanpa menyampaikan makna dan pemahaman yang mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Sirah Nabawiyah di SD Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi Banda Aceh telah berjalan dengan baik dan guru mampu menghadapi berbagai tantangan, sirah nabawiyah juga dilakukan melalui berbagai metode seperti penguatan budaya sekolah, pelaksanaan shalat berjamaah, pembelajaran tahsin dan tahfiz Al-Qur’an. Nilai-nilai teladan Rasulullah seperti kejujuran, amanah, tabligh, dan kecerdasan diintegrasikan dalam proses pendidikan dan budaya sekolah, yang berdampak positif terhadap pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naziatul Firda
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:49
Last Modified: 08 Oct 2025 03:49
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52157

Actions (login required)

View Item
View Item