Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa SDIT Teuku Umar Meulaboh

Zubaidah, 231003022 (2025) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Pada Siswa SDIT Teuku Umar Meulaboh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi, Guru PAI, Kemampuan, dan Al-Qur‟an] Text (Strategi, Guru PAI, Kemampuan, dan Al-Qur‟an)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Strategi, Guru PAI, Kemampuan, dan Al-Qur‟an] Text (Strategi, Guru PAI, Kemampuan, dan Al-Qur‟an)
TESIS COVER-BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur‟an merupakan program unggulan di SDIT Teuku Umar Meulaboh. Namun dalam proses pelaksanaannya masih ditemukan kendala dan hambatan sehingga kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa belum mencapai target maksimal Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru PAI dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa SDIT Teuku Umar Meulaboh Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui
perencanaan guru PAI dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an 2 untuk mengetahui proses pelaksanaan guru PAI dalam pembelajaran Al-Qur‟an 3 untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI serta solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala tersebut. (4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan pendekatakan campuran (kualitatif dan kuantitatif). Sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, waka kurikulum dan waka tahfiz SDIT Teuku Umar Meulaboh. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes kemampuan mengaji dan telaah dokumen. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) Perencanaan guru PAI dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an sudah tersusun secara baik dan sistematis. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an yang dilakukan guru PAI sudah terlaksana dengan baik. (3) Menganalisa kendala dan memberikan solusi
untuk mengatasi kendala tersebut. Kendala yang dihadapi guru PAI diantaranya: lemahnya daya tanggap siswa, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya fokus dalam pembelajaran, perbedaan dalam bacaan karena berbeda pengalaman belajar. Adapun solusi yang dihadirkan oleh guru PAI yaitu: memberikan pengayaan kepada siswa secara khusus, konsultasi dengan orang tua siswa, memberikan bimbingan dan arahan secara rutin. (4) Terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SDIT Teuku Umar meulaboh melalui 3 strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zubaidah Zubaidah
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:58
Last Modified: 07 Oct 2025 04:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52161

Actions (login required)

View Item
View Item