Liza Safira Mardhatillah, 221003009 (2025) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
3. TESIS FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar yang disusun secara sistematis dan menarik untuk peserta didik agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul ajar mencakup informasi umum, kompetensi inti dan lampiran. Pada kompetensi inti terdapat metode pembelajaran. metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna, menyenangkan dan efektif bagi peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI pada materi Sejarah Peradaban Islam yaitu metode sosiodrama. Metode sosiodrama adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mendramatisasikan suatu tindakan atau tingkah laku dalam hubungan sosial. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti dengan guru PAI di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar, modul ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran belumlah sesuai dengan modul ajar pada kurikulum Merdeka serta metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat dan kurang efektif sehingga siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar, serta kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan modul ajar berbasis metode sosiodrama pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar yang valid, praktis dan efektif? (2) Bagaimanakah hasil pengembangan modul ajar berbasis metode sosiodrama pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Ingin Jaya Aceh Besar yang valid, praktis dan efektif? (3) Apa perbedaan dan persamaan antara modul ajar lama dan modul ajar baru serta keunggulannya? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar angket validasi, observasi, tes, dan dokumentasi. Model ADDIE terdiri dari lima Langkah yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan dengan analisis kinerja dan analisis kebutuhan. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan sistematika modul ajar berbasis metode sosiodram. Tahap pengembangan merupakan kelanjutan dari apa yang sudah di rancang yakni menyusun modul ajar secara
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Liza Safira Mardhatillah |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:07 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 02:07 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52170 |
