Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis)

Juliana, 221002008 (2025) Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis)] Text (Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis))
Juliana, 221002008 (205) Disertasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis)] Text (Perkembangan Sistem Pendidikan Dayah Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Perspektif Analisis Historis))
Juliana, 221002008 (205) Disertasi Cover- bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Modernisasi pendidikan pesantren merupakan respon strategis terhadap perubahan zaman, termasuk di Dayah Modern Darul Ulum YPUI Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan menelaah perkembangan historis, model kurikulum, serta faktor pendukung dan penghambat transformasi pendidikan di dayah tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis historis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak berdiri pada 1990, Dayah Darul Ulum mengalami perubahan signifikan, dari adopsi kurikulum Pondok Modern Gontor hingga integrasi dengan kurikulum nasional, yang kemudian melahirkan model khas dayah berbasis kitab kuning, ilmu umum, dan keterampilan hidup. Pertumbuhan santri, penerimaan santri perempuan sejak 1993/1994, serta pembukaan jalur formal SMP Islam dan Madrasah Aliyah menandai transformasi kelembagaan. Perubahan metode pembelajaran menuju interaktif dan program ekstrakurikuler seperti pidato tiga bahasa, komputer, dan kepemimpinan memperkuat orientasi abad ke-21. Faktor pendukung meliputi kepercayaan masyarakat, kompetensi guru, dan sistem asrama, sedangkan hambatan utama mencakup keterbatasan fasilitas, adaptasi teknologi yang rendah, dan konflik kepemimpinan sejak 2020. Penelitian ini merekomendasikan konsolidasi kebijakan, penguatan kepemimpinan, serta dukungan pemerintah dalam roadmap modernisasi dayah agar tetap relevan dan berdaya saing.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Juliana Juliana
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:20
Last Modified: 09 Oct 2025 07:20
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52174

Actions (login required)

View Item
View Item