Fira Asniridaya, 180802094 (2025) Analisis Pelayanan Publik Pada Pelabuhan Penyebrangan Rute Sinabang-Labuhan Haji. Other thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Analisis Pelayanan Publik Pada Pelabuhan Penyebrangan Rute Sinabang-Labuhan Haji]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIRA, YUDISIUM .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
![[thumbnail of Analisis Pelayanan Publik Pada Pelabuhan Penyebrangan Rute Sinabang-Labuhan Haji]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Kabupaten Simeulue terdapat sebuah pelabuhan yang menghubungkan masyarakat menuju kabupaten Aceh Selatan, tepatnya di ujung pesisir laut bagian timur beribu kota Labuhan Haji. Untuk menuju ketempat tujuan tersebut masyarakat mengunakan sarana angkutan transportasi laut yang berupa kapal ferry, dengan biaya yang lumayan murah dengan jarak penyeberangan ditempuh. Semakin jauhnya jarak angkutan penyeberangan ini, harus pula diikuti dengan peningkatan kualitas, terutama dari segi keselamatan. Tak terkecuali, didalam pengunaan kapal ferry ini banyak juga yang harus diketahui oleh masyarakat semestinya, diantaranya kelayakan kapal, fasilitas yang belum tertata dan begitu juga dengan faktor-faktor kenyamanan, kesejahteraan penumpang dalam pelayaran menuju tempat tujuan dengan selamat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana analisis pelayanan publik pada kapal penyebrangan rute sinabang-labuhan haji dan untuk mengetahui bagaimana penentuan jadwal keberangkatan penyebrangan rute sinabang-labuhan haji. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kualitas pelayanan publik di Pelabuhan Sinabang- Labuhan Haji sudah cukup baik dan sesuai dengan harapan dari pengguna jasa atau penumpang. Hal ini terlihat dari beberapa dimensi seperti sistem, mekanisme, dan prosedur yang telah memberikan kejelasan pelayanan bagi penumpang. (2)Tantangan pelayanan publik pada pelabuhan penyebrangan rute Sinabang- Labuhan Haji dalam proses pemberian layanan, antara lain pada sisi informasi pelayanan publik. Informasi pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka memberikan layanan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa. Penyediaan informasi pelayanan publik dapat membantu pengguna jasa dalam mendapatkan informasi yang cepat dan tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Fira Asniridaya |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 04:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 04:08 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52199 |