Pengembangan Instrumen Penilaian Praktik Shalat Di Madrasah Tsanawiyah

Muhammad Redha, 231003014 (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Praktik Shalat Di Madrasah Tsanawiyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Banda Aceh Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang pengembangan instrumen penilaian] Text (membahas tentang pengembangan instrumen penilaian)
cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of membahas tentang pengembangan instrumen penilaian] Text (membahas tentang pengembangan instrumen penilaian)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan instrumen penilaian praktik pada materi shalat berangkat dari permasalahan pendidik kesulitan dalam menyusun instrumen terutama dalam ranah psikomotorik atau penilaian praktik. Pendidik lebih berfokus kepada penilaian ranah kognitif karena jadwal pelaksanaannya lebih jelas daripada penilaian psikomotorik. Hal tersebut menyebabkan peserta didik hanya mengetahui teori dari sebuah ilmu tanpa memahami tata cara pelaksanaannya, khususnya pada materi shalat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa instrumen penilaian praktik pada mata pelajaran Fiqih materi shalat dan untuk mengetahui tingkat validitas yang valid serta kepraktisan instrument penilain yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan 4D, yang mencakup empat Langkah sebagai berikut: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Dessiminates (Penyebaran) yang dimodifikasi sesuai kondisi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Untuk persentase tahap validasi instrument penilaian dari bidang materi sebesar 88,75%, dan dari bidang evaluasi sebesar 86,25%. Total nilai rata-rata dari keseluruhan persentase validator berjumlah 87,5% dengan kriteria “sangat layak”. Adapun hasil lembar angket kepraktisan guru sebesar 81,25% dengan menunjukkan hasil “sangat baik” untuk instrumen penilaian praktik shalat yang dikembangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian praktik shalat layak digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Bireuen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.33 Tingkat Tsanawiyah dan Aliyah > 2X7.331 Tsanawiyah
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Redha
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:59
Last Modified: 21 Oct 2025 03:59
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52212

Actions (login required)

View Item
View Item