Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Well Being Pada Siswa Di SMPN 8 Banda Aceh

Melati Br Berutu, 210213063 (2025) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Well Being Pada Siswa Di SMPN 8 Banda Aceh. Alacrity: Journal Of Education, 05 (02): 09. pp. 1101-1109. ISSN E-ISSN: 2775-4138

[thumbnail of Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Well Being Pada Siswa Di SMPN 8 Banda Aceh] Text (Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Well Being Pada Siswa Di SMPN 8 Banda Aceh)
jurnal watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan psychological well-being siswa SMPN 8 Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Sampel terdiri dari 8 siswa dengan tingkat kesejahteraan psikologis rendah, yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket psychological well-being berdasarkan model Ryff. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test setelah dilakukan uji normalitas Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata post-test dibandingkan pre-test pada seluruh responden, dengan nilai signifikansi p < 0,001. Hal ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok. Temuan ini mengindikasikan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, dan orientasi tujuan hidup siswa, serta dapat menjadi alternatif intervensi bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Melati Br Berutu
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:10
Last Modified: 17 Nov 2025 07:10
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52216

Actions (login required)

View Item
View Item