Rispi Adella, 150209121 (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counter Point dengan Menggunakan Media Pop-Up dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas IV MIN 13 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Rispi Adella, 150209121, FTK, PGMI, 085326888424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Rispi Adella, 150209121, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV MIN 13 Aceh Besar, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran, kelas terlihat pasif. Ketika siswa diminta untuk mengungkapkan pendapat siswa masih ragu-ragu. Pembelajaran juga terlihat kurang inovatif dikarenakan tidak adanya kegiatan-kegiatan yang dapat menarik siswa untuk mengikuti pembelajaran Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan strategi pembelajaran point counter point dengan menggunakan media pop-up dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi serta bagaimana peningkatan kemampuan berargumentasi melalui penerapan strategi pembelajaran point counter point dengan menggunakan media pop-up. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes lisan, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pada siklus I adalah 70,83 % dan mengalami peningkatan menjadi 76,16 % pada siklus II dan mengalami peningkatan kembali pada siklus III menjadi 86,5 % (2) pada siklus I adalah 66,66 % dan mengalami peningkatan menjadi 78,95% pada siklus II dan mengalami peningkatan kembali pada siklus III menjadi 90,79 % (3) Siklus I siswa yang tuntas dalam tes praktik berargumentasi dengan persentase 60 %, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan 76,66 % dan mengalami peningkatan kembali pada siklus III menjadi 83,33 %, siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran point counter point dengan menggunakan media pop-up dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas IV MIN 13 Aceh Besar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Rispi Adella |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:19 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:19 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52218 |
