Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor

Meri Agustina, 170201106 (2023) Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor] Text (Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor)
SKRIPSI MERI LENGKAP BAB I-V. NOVEMBER terbaru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor] Text (Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Singkohor)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan karakter merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk meningkatkan, memperbaiki, memperkuat, dan menyempurnakan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Eksistensi Budaya Sekolah dalam membentuk karakter siswa yang berbasis akhlakul karimah di SMP Negeri 1 Singkohor. 2) Untuk mengetahui metode dan pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan budaya sekolah yang dapat meningkatkan Karakter Islami siswa di SMP Negeri 1 Singkohor. 3) Untuk mengetahui problematika dan usaha solutif yang dilakukan oleh guru dalam mewujudkan budaya sekolah yang dapat membentuk karakter Islami di SMP Negeri 1 Singkohor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mengungkap gambaran objektif mengenai keadaan yang terdapat pada diri objek yang diteliti. Sedangkan pendekatan kualitatif yang dimaksud dilakukan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Dari hasil penelitian dapat diketahui Eksistensi budaya sekolah di SMP Negeri 1 Singkohor telah berjalan dengan sangat baik, diawali dengan jam kedatangan siswa dengan pembiasaan salam, sapa, senyum, dan salim. Metode yang digunakan dalam menerapkan budaya sekolah disini guru-guru yang ada di sekolah tersebut memberikan contoh secara nyata yaitu dengan melakukan “senyum-salam-sapa-sopan-santun”. Guru tidak segan-segan untuk menyapa terlebih dahulu, memberikan senyuman dan salam serta menyapa murid-muridnya. Problema yang didapati dalam penerapan budaya sekolah di SMP Negeri 1 Singkohor ada dua yaitu pengaruh lingkungan keluarga dan pengaruh lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Meri Agustina
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:11
Last Modified: 21 Oct 2025 04:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52248

Actions (login required)

View Item
View Item