Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh

Ulandari, 200209136 (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh)
ULANDARI 200209136 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 7 Kota Banda Aceh)
ULANDARI 200209136.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas IV salah satu sekolah dasar dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusterdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Datadikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing dapat meningkatkanpemahaman siswa terhadap materi IPAS, berdasarkan pengamatan di MIN 7 Banda Aceh, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan beberapa siswa belum mampu memahami materi dengan baik, hal ini dibuktikan dari data observasi belajar siswa masih di bawah KKTP. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis aktivitas guru, (2) Menganalisis aktivitas siswa, (3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelahmenerapkan metode pembelajaran role playing di kelas IV MIN 7 Banda Aceh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, teknikanalisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 73,61%kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 88,88% kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai persentase 69,44% kategori cukup, meningkat pada siklus II mencapai 87,50% dengankategori baik sekali. (3) Peningkatan hasil belajar siswa siklus I nilai persentase 59,45% dengan kategori kurang, dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak88% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN7 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulandari Ulandari
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:27
Last Modified: 22 Oct 2025 07:27
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52255

Actions (login required)

View Item
View Item