Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat

Miftahul Jannah, 180503031 (2025) Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat] Text (Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat)
Skripsi Revisi Sidang Terbaru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat] Text (Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh Barat)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Persepsi Pemustaka terhadap Sikap Pustakawan dalam Memberikan Layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dalam memberikan layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: Persepsi pemustaka terhadap kehandalan pustakawan menunjukkan bahwa banyak pustakawan sudah responsif dalam membantu pencarian koleksi, meskipun ada yang kurang cepat dalam merespons masalah pemustaka. Pustakawan seharusnya memberikan layanan dengan lebih sigap, terutama saat peminjaman koleksi. Dalam hal akurasi, tanggapan pustakawan terkait aturan perpustakaan sudah baik, namun proses peminjaman dan pengembalian sering lambat karena banyaknya pengguna dan kurangnya layanan digital. Sikap penuh perhatian pustakawan terhadap pemustaka juga dinilai baik, namun tidak semua pustakawan memberikan bantuan dengan senang hati. Ada yang kurang responsif dalam situasi pemustaka kebingungan. Sikap tenggang rasa pustakawan membantu menciptakan suasana kondusif, dengan keramahan saat menjawab pertanyaan. Pustakawan umumnya sopan, meskipun terkadang suasana hati mereka memengaruhi layanan. Kepedulian terhadap pemustaka terlihat, namun beberapa pustakawan dianggap kurang peduli, terutama ketika tidak mengenal pemustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 24 Oct 2025 07:41
Last Modified: 24 Oct 2025 07:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52281

Actions (login required)

View Item
View Item