Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh

Samara Dalila, 210602128 (2025) Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh] Text (Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh)
SKRIPSI_SAMARA_DALILA FINAL 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh] Text (Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Kota Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Baitul Qiradh Baiturrahman menghadapi tantangan dalam mempertahankan jumlah nasabah yang cenderung menurun tidak konsisten dari tahun 2019 hingga 2023. Fenomena ini mencerminkan kurangnya efektivitas strategi pemasaran dalam menarik dan menjaga loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk dan layanan yang digunakan serta menilai sejauh mana strategi tersebut efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan elemen-elemen bauran pemasaran, khususnya dalam hal promosi dan sosialisasi, masih belum maksimal. Kurangnya pemanfaatan media digital juga menjadi hambatan dalam menjangkau masyarakat yang lebih luas. Meskipun beberapa produk seperti tabungan Idul Fitri dan tabungan Qurban memiliki daya tarik tersendiri, strategi komunikasi dan pemasaran digital belum sepenuhnya mendukung keberhasilannya. Diperlukan peningkatan strategi berbasis teknologi serta evaluasi berkala agar strategi pemasaran menjadi lebih efektif dan adaptif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Samara Dalila
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:53
Last Modified: 28 Oct 2025 07:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52297

Actions (login required)

View Item
View Item