Ayu Lasmini, 160204015 (2023) Penerapan Pendekatan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Getaran dan Gelombang MTs Mardhatillah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Ayu Lasmin, Cover-Bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Ayu Lasmini, 160204015..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Salah satu strategi yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pemberian Reward and Punishment. Tujuan penelitian ini yaitu : mengetahui bagaimana penerapan Reward dan Punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran didalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,77% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89% dengan kategori baik sekali, (2) persentase hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,85% dengan kategori baik dan pada siklus II menjadi 89% dengan kategori baik sekali, (4) persentase hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan Reward and Punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas II MTS Mardhatillah. Hasil belajar siswa dengan penerapan strategi reward and punishment pada getaran dan gelombang di kelas VII pada siklus I rata rata perolehannya yaitu 62% dengan kategori baik, namun secara klasikal masih belum tuntas. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 92% dengan kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Penerapan reward dan punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat berubah drastis yang meliputi perubahan sikap, aktif dan menghargai guru dan siswa lain dalam proses belajar mengajar berjalan sangat baik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Ayu Lasmini |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:45 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:45 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52363 |
