Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh

Humaira, 160604060 (2021) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Online communities, Interaction, Sharing of content, Accessbility, Pengembangan    UMKM] Text (Online communities, Interaction, Sharing of content, Accessbility, Pengembangan UMKM)
Humaira, 160604010, FEBI, IE, 085371968948.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Online communities, Interaction, Sharing of content, Accessbility, Pengembangan    UMKM] Text (Online communities, Interaction, Sharing of content, Accessbility, Pengembangan UMKM)
Humaira, 160604010, FEBI, IE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang ada di Banda aceh yang berjumlah 12.012 UMKM. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 99 UMKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana sampel yang diambil sesuai dengan kriteria dan mencerminkan populasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Dari hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel online communities berpengaruh positif terhadap pengembangan UMKM, interaction berpengaruh positif terhadap pengembangan UMKM, sharing of content tidak berpengaruh positif terhadap pengembangan UMKM, dan terdapat pengaruh antara accesbility terhadap pengembangan UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel online communities, interaction, sharing of content, dan accesbility secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel pengembangan UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Humaira Humaira
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:08
Last Modified: 05 Nov 2025 04:08
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/52385

Actions (login required)

View Item
View Item