Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Sains di Keles V MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Ferida Novita, 201121721 (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Sains di Keles V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Ferida Novita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of L, Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (L, Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tercapainya keberhasilan siswa dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model yang digunakan guru saat mengajarkan materi pembelajaran, dan jika pembelajaran tidak diiringi dengan kegiatan yang sesuai dengan materi pelajaran maka siswa tidak semangat belajar dan malas memperhatikan penjelasan guru melalui ceramah. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Learning Cycle yaitu suatu penerapan pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi yang nyata, memanfaatkan panca indera dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) aktivitas guru dalam peningkatan belajar siswa dengan model Learning Cycle dalam pembelajaran Sains pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran Sains pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (3) hasil belajar siswa dalam penggunaan model Learning Cycle dalam pembelajaran Sains pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diantaranya dengan menggunakan tes dan observasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/a MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yang diberikan setelah pembelajaran dilakukan, tes ini digunakan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa, tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 10 soal untuk setiap siklus. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu mulai dari siklus I 60% yang tuntas, 40% yang tidak tuntas, kemudian meningkat lagi pada siklus II 97,5% yang tuntas , 25% yang tidak tuntas. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model Learning Cycle pada konsep materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siklus I sudah mencapai kategori baik 79% dan pada siklus II mencapai kategori baik sekali 100%. Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan model Learning Cycle pada konsep materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siklus I sudah mencapai kategori sangat baik 85% dan pada siklus II mengalami peningkatan 100% dengan kategori baik sekali.
Dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal untuk materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya dengan model Learning Cycle sudah tercapai dan mengalami peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Wati Oviana, M. Pd 2. Darmiah, MA
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ferida Novita
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:13
Last Modified: 07 Jan 2019 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item
View Item