Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Kelas XI Di SMA Negeri 1 Arogan Lambalek

Khairun Nisa, 140204099 (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Kelas XI Di SMA Negeri 1 Arogan Lambalek. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran PhET Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Penggunaan Media Pembelajaran PhET Terhadap Hasil Belajar)
gabung - Copy.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di SMA Negeri 1 Arongan Lambalek saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran terhadap materi yang diajarkan. Maka perlu adanya media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran PhET Simulation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (XI.IPA.1) dan kelas kontrol (XI.IPA.2). Data dikumpulkan melalui soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media PhET Simulation didapat thitung 3,49 > ttabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Arongan Lambalek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muliadi Kurdi, M.Ag 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:39
Last Modified: 29 Apr 2019 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item
View Item