Nurul Aisa, 140204145 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMAN 16 BANDA ACEH. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi - Nurul Aisa.pdf
Download (5MB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan salah
satunya karena pembelajaran yang dilaksanakan di kelas masih berorientasi pada
pendidik, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Oleh karena itu, penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk:
1)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis
di kelas XI SMAN 16 Banda Aceh dengan model kooperatif tipe STAD, 2)Untuk
melihat aktivitas guru dan peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe
STAD pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 16 Banda Aceh. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan Pre-test and Post-test
One Group Desain. Dari data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan
menggunakanUji N-gain,hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain
yaitu 0,7 maka termasuk kategori tinggi artinya model kooperatif STAD dapat
meningkatkan hasil belajar. Selain itu, melalui model kooperatif tipe STAD aktivitas
peserta didik lebih meningkat dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta
didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas
XI SMAN 16 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing Pembimbing I : Fitriyawany, S.Pd.I.,M. Pd Pembimbing II : Nurhayati, S.Si., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Peserta Didik, Materi Fluida Statis |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurul Aisa |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 09:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 09:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7370 |