Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas VII MTsS Harapan Bangsa Meulaboh Aceh Barat

Nurhakimah, 261324616 (2019) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended di Kelas VII MTsS Harapan Bangsa Meulaboh Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FULL SKRIPSI NURHAKIMAH.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI NURHAKIMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimilki oleh siswa untuk dapat melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu permasalahan. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang dilatih untuk menyelesaikan soal-soal kreatif dan biasanya siswa hanya diberikan soal-soal yang biasa. Oleh karena itu perlu diupayakan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Salah satunya pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu Open-Ended. Pendekatan Open-Ended adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian masalah terbuka kepada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan Open-Ended 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan dengan pendekatan Open-Ended dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa MTsS Harapan Bangsa Meulaboh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan jenis desain Pretest-Postes Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purpossive Sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas Eksperimen yang terdiri 39 siswa dan kelas VII B sebagai kelas Kontrol yang terdiri 37 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Dan dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) Dengan menggunakan hasil uji one sample kriteria pengujian yang berlaku adalah tolak H_0 jika diperoleh t_hitung≥t_tabel karena didapat thitung = 2,676 dan ttabel = 1,70 yaitu 2,676≥1,70 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_(0 )ditolak dan H_(1 )diterima ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Berdasarkan independent sample test kriteria pengujian yang berlaku adalah tolak H_0 jika diperoleh, t_(hitung )>t_tabel, karena didapat thitung =3,8663 dan ttabel = 1,67 yaitu 3,8663>1,67 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1diterima berarti bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik dari pada peningkatan kemampuan berbikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Zainal Abidin, M.Pd. 2. Abbas Hasan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurhakimah Kiki
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:22
Last Modified: 03 Jul 2019 08:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item
View Item