Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Meulaboh

Juli Tri Ananda, 140204008 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Form B dan Form D - Juli Tri Ananda.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - Juli Tri Ananda.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi - Juli Tri Ananda.pdf]
Preview
Text
Skripsi - Juli Tri Ananda.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pendidik harus mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang ingin diajarkan, sehingga peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar. Proses pembelajaran yang kurang mampu menunjukkan aktivitas belajar, jenuh, tidak bersemangat dalam berpendapat, dan tidak memperhatikan ketika pendidik mengajar, menyebabkan hasil belajar yang diperoleh tidak mencapai target yang telah ditetapkan dalam KKM (75). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada materi Fluida Statis. Metode, populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI dan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, yang dilakukan di SMAN 1 Meulaboh yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI MIA3 yang berjumlah 29 peserta didik dan kelas kontrol XI MIA4 yang berjumlah 29. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,71 > 1,67 untuk taraf signifikan = 0,05, sedangkan analisis skor N-Gain untuk kelas eksperimen dengan kategori tinggi 0,7 dan kelas kontrol dengan kategori sedang
0,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi Fluida Statis Kelas XI MIA di SMAN 1 Meulaboh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Eng, Nasrullah Idris, S.Si, M.T 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatift tipe Number Head Together (NHT), Hasil Belajar, Fluida Statis.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Juli Tri Ananda
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:07
Last Modified: 15 Jul 2019 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item
View Item