Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh

Ardi Saputra Aceh, 140206069 (2019) Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan]
Preview
Text (Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan)
ARDI SAPUTRA ACEH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Persaingan antar lembaga pendidikan sangat ketat, oleh karena itu setiap lembaga pendidikan harus menerapkan konsep pemasaran pendidikan agar mampu mempertahankan loyalitas masyarakat.Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan serta kendala yang dihadapi.Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang menggambarkan keadaan objek penelitian kemudian menganalisisnya sehingga dapat ditarik kesimpulan.Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Waka Humas.Hasil penelitian menunjukkan (1) Promosi. (2)Pricing. (3) Place. (4) Costumer service. (5) Manajemen informasi. (6) Manajemen administrasi. (7) Manajemen SDM. (8) Manajemen jejarin sosial. (9) Manajemen pencitraan sekolah. (10) Menciptakan perbedaan dan keunggulan. (11) Menguatkan solidaritas internal. (12) Mengasah kreativitas dan mengedepankan inovasi. (13) Menjaga kepercayaan. (14) Komplain telepon. Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa strategi pemasaran SMA Negeri 10 Fajar Harapan menggunakan konsep manajemen marketing sekolah dan bauran pemasaran, serta kendala yang dihadapi bersifat positif, berhubung banyaknya peminat masyarakat sehingga fasilitas terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. JamaliahHasballah, M.A 2. Ainul Mardhiah,S, Ag., MA. Pd
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ardi Saputra Aceh
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:35
Last Modified: 23 Jul 2019 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9035

Actions (login required)

View Item
View Item