Pemanfataan Media Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di MTsN Cot Glumpang

Mardhatillah, 140204136 (2019) Pemanfataan Media Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di MTsN Cot Glumpang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfataan Media Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di MTsN Cot Glumpang]
Preview
Text (Pemanfataan Media Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor Di MTsN Cot Glumpang)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di MTsN Cot Glumpang, terlihat bahwa kebanyakan peserta didik tidak semangat dalam mempelajari fisika, tidak adanya ketertarikan dalam membaca materi fisika, jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran. Salah satu media alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan mengatasi kejenuhan peserta didik dalam mempelajari fisika adalah media komik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan respon terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan media komik pada Materi Suhu dan Kalor di MTsN Cot Glumpang. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimen dengan desain True Group Pre-Test Post-Test. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VIIA dan VIIB. Instrumen yang dipakai berupa soal tes, sebanyak 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda berupa materi suhu dan kalor dan angket respon pesrta didik sebanyak 10 pernyataan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 38. Hasil perhitungan diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 5,54 >1,8, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan memanfaatkan media komik pada Materi Suhu dan Kalor di MTsN Cot Glumpang dan respon peserta didik positif terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan Media Komik, ini terlihat dari presentase tanggapan pada pernyataan dengan kriteria Sangat Setuju (SS=60%), Setuju (S = 37%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Eng Nasrullah Idris, S. Si, M.T Pembimbing II : Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Media Komik, Pemahaman Konsep
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing > 070.1 Media Dikumenter, Media Pendidikan, Media Berita
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: mardhatillah mardha
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:31
Last Modified: 06 Aug 2019 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item
View Item