Profil Kemampuan Spasial Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar

Nurul Fitri, 261121786 (2017) Profil Kemampuan Spasial Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Kemampuan Siswa)
NURUL FITRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar geometri berhubungan erat dengan kemampuan spasial. Kemampuan spasial dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya geometri. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana profil kemampuan spasial Siswa SMA dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya belajar? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis eksploratif. Data dikumpulkan melalui lembar tugas kemampuan spasial siswa dan wawancara, kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Subjek Visual: mampu menentukan posisi objek yang terpotong, dapat menyebutkan secara akurat bentuk sebenarnya dari bangun geometri dimensi tiga yang dipandang dari sudut tertentu, mampu menentukan ukuran yang sebenarnya dari stimulus visual objek dan dapat mengkontruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar. (2) Subjek Auditorial: mampu menentukan posisi objek yang terpotong, dan dapat menyebutkan secara akurat bentuk sebenarnya dari bangun geometri dimensi tiga yang dipandang dari sudut belakang, tetapi masih sangat kurang dalam menentukan ukuran yang sebenarnya dari stimulus visual objek, serta mengkontruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar. (3) Subjek Kinestetik: mampu menentukan posisi objek yang terpotong, dapat menyebutkan secara akurat bentuk sebenarnya dari bangun geometri dimensi tiga yang dipandang dari sudut belakang, dan mampu menentukan ukuran yang sebenarnya dari stimulus visual objek, akan tetapi subjek masih terdapat kesalahan dalam mengkontruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar. (4) Perbandingan kemampuan spasial subjek visual, subjek auditorial, dan subjek kinestetik: subjek visual memiliki kemampuan spasial yang baik untuk keempat indikator kemampuan spasial. Sementara itu, untuk subjek auditorial hanya memiliki dua indikator kemampuan spasial, sedangkan dua indikator lagi subjek auditorial masih sangat kurang kemampuannya. Sedangkan untuk subjek kinestetik memiliki kemampuan yang baik pula, tetapi ada salah satu indikatornya yang masih kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M. Pd; 2. Yassir, S.Pd.I, S.T, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial, Masalah Geometri, Gaya Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fitri
Date Deposited: 15 Mar 2018 04:11
Last Modified: 15 Mar 2018 04:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item