Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD melalui Metode Kuis Kelompok pada Siswa Kelas V MIN Merduati Banda Aceh

Asria, 201223385 (2018) Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD melalui Metode Kuis Kelompok pada Siswa Kelas V MIN Merduati Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Penggunaan EYD Melalui Metode Kuis.)
Asria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menggunakan EYD Melalui Metode Kuis Kelompok Pada Siswa Kelas V MIN Merduati Banda Aceh”. Kebiasaan siswa yang belajar dengan metode ceramah menjadikan sebagian siswa kurang efektif dalam belajar, karena siswa tidak terpengaruh dengan cara mengajar yang disampaikan oleh guru, siswa hanya mendengar sedangkan guru lebih aktif dalam pembelajaran membuat sebagaian besarsiswa kurang memahami apa yang di katakana oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui menerapkan metode kuis kelompok dapat meningkatkan kemampuan keterampilan siswa di MIN Merduati Banda Aceh dalam menggunakan EYD. (2) Untuk mengetahui aktifitas belajar siswa terhadap penerapan pengembangan metode kuis kelompok dengan keterampilan menggunakan EYD di MIN Merduati Banda Aceh.(3) Untuk mengetahui aktifitas guru terhadap penerapan pengembangan metode kuis kelompok dengan keterampilan menggunakan EYD di MIN Merduati Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Merduati, subjek penelitian yaitu siswa kelas Vb MIN Merduati yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang meliputi; observasi, soal tes hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Penerapan metode pembelajaran kuis kelompok mengalami peningkatan pada siklus II sehingga tidak dilanjutkan lagi pada siklus III. Hasil belajar pada siklus I60,87 pada siklus ke II 8,75. 2) Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode kuis kelompok meningkat pada setiap siklus yaitu, pada siklus I. 2.49 kategori sedang, siklus II. 3,90 kategori baik, hal ini menunjukan aktivitas belajar siswa semakin meningkat dari setiap siklus. (3) Aktivitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I dengan skor sebesar 2.72 kategori sedang pada siklus II 3,70 Kategori baik hal ini menunjukkan aktivitas guru mengelola pembelajaran semakin meningkat dari siklus ke siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Saifullah; 2. Rafidhah Hanum
Uncontrolled Keywords: Penggunaan EYD, Metode Kuis, Siswa
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 411 Sistem tulisan bahasa baku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email asria
Date Deposited: 18 May 2018 03:12
Last Modified: 18 May 2018 03:12
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item