Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di MAN 1 Pidie”

Riadhul Jannah, 140204047 (2019) Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di MAN 1 Pidie”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
RIADHUL JANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta didik belum mempunyai ketertarikan untuk mengamati dan menghubungkan sesuatu yang ada di lingkungannya dengan ilmu sains yang telah dipelajari. Hal ini dikarenakan guru masih belum optimal dalam menginovasikan model pembelajaran. Akibatnya peserta didik tidak tertarik dan hasil belajar pun rendah.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis dan respon peserta didik terhadap penerapan pendekatan STM di MAN 1 Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre experimental dengan one-group pretest￾posttest design yang melibatkan satu kelas yaitu kelas XI IPA1. Data yang 15,22 > 1,708 untuk taraf signifikan 5% atau (α = 0,05), sehingga Ha diterima. Nilai N-Gain yaitu 0,80 berarti masuk kategori tinggi, hal ini membuktikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan STM mengalami peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada penerapan pendekatan STM. Angket respon menyatakan bahwa peserta didik sangat tertarik terhadap pembelajaran fisika pada materi fluida statis dengan menerapkan pendekatan STM sehingga hasil belajar peserta didik meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Soewarno, S. M. Si 2. Arusman ,M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sains teknologi masyarakat, hasil belajar, Fluida statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riadhul Jannah
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:56
Last Modified: 25 Jul 2019 02:56
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item