Riadhul Jannah, 140204047 (2019) Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di MAN 1 Pidie”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
RIADHUL JANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Peserta didik belum mempunyai ketertarikan untuk mengamati dan
menghubungkan sesuatu yang ada di lingkungannya dengan ilmu sains yang telah
dipelajari. Hal ini dikarenakan guru masih belum optimal dalam menginovasikan
model pembelajaran. Akibatnya peserta didik tidak tertarik dan hasil belajar pun
rendah.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar peserta didik pada materi fluida statis dan respon peserta didik terhadap
penerapan pendekatan STM di MAN 1 Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif menggunakan metode pre experimental dengan one-group pretestposttest design yang melibatkan satu kelas yaitu kelas XI IPA1. Data yang
15,22 > 1,708 untuk taraf signifikan 5% atau (α = 0,05), sehingga Ha diterima.
Nilai N-Gain yaitu 0,80 berarti masuk kategori tinggi, hal ini membuktikan hasil
belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan STM mengalami
peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada
peningkatan hasil belajar peserta didik pada penerapan pendekatan STM. Angket
respon menyatakan bahwa peserta didik sangat tertarik terhadap pembelajaran
fisika pada materi fluida statis dengan menerapkan pendekatan STM sehingga hasil belajar peserta didik meningkat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs. Soewarno, S. M. Si 2. Arusman ,M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Sains teknologi masyarakat, hasil belajar, Fluida statis |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Riadhul Jannah |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8853 |