Novira Elisa Fitri, 150208068 (2019) Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Siswa SMAN 1 Peudawa pada Materi Konsep Mol. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Novira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Peudawa mengenai penerapan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar dan kemampuan komunikasi peserta didik pada materi konsep mol yang dilatar belakangi bahwa peserta didik kurang memahami materi konsep mol karena berhubungan dengan rumus-rumus yang terkadang susah dihafal dan saat evaluasi, rata-rata nilai peserta didik masih banyak yang berada dibawah KKM serta kemampuan komunikasi peserta didik masih sangat kurang atau belum berani dalam hal mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Peudawa melalui model reciprocal teaching dan kemampuan komunikasi pada materi konsep mol. Rancangan penelitian berdesign “One-Shot Case Study” dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi. Data tes hasil belajar dan lembar observasi dianalisis dengan uji normalitas, one sampel t-test dan menghitung skor perolehan kemampuan komunikasi peserta didik. Hasil penelitian ditemukan bahwa untuk tes hasil belajar posttest lebih besar dari 70 (KKM). Hal ini dibuktikan dengan kriteria pengujian yaitu :t_hitung ≥ t_tabel yaitu 4,040 ≥ 1,729, maka Ha diterima dan H0 ditolak, Sedangkan kemampuan komunikasi peserta didik dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua mengalami peningkatan dan sebagian besar peserta didik tergolong dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Sabarni, M.Pd Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Reciprocal Teaching, Hasil belajar, Kemampuan komunikasi, Konsep mol. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Novira Elisa Fitri |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 02:41 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 02:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10035 |