Idris, 251121343 (2018) Penerapan Model Kooperatife Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
IDRIS - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan dari observasi di SMA N1 Kota Bahagia di ketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X pada materi fisika masih rendah terutama pada materi Hukum Newton, Rendahnya hasil belajar siswa kelas x disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah guru kurang menerapkan pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga siswa lebih cepat merasa jenuh. Oleh karena itu perlu di terapkan suatu model agar siswa dapat aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, dalam hal itu peneliti mencoba menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum Newton di kelas X SMA N1 Kota Bahagia. Model Penelitian yang digunakan adalah kuasi Eksperimen dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas X1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas Kontrol. Kedua sample tersebut diuji dengan menggunakan Uji Hipotesis t. Berdasarkan Kriteria pengujian hipotesis t dapat dibedakan yang segnifikan thitung > ttabel adalah terima Ha : 1 > 2. Sehingga pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7,99 > ttabel = 1,55 adalah terima Ha, berdasarkan uji analisis data, diketahui penerapan model kooperatife tipe Jigsaw di kelas X SMA Kota Bahagia kabupaten Aceh Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing 1. Ridwan.M.Si 2. Fera Anissa,M.Sc |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Idris Idris |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 03:47 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 03:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10044 |