Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Missouri Mathematics Project

Asri Nanda, 261324669 (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Missouri Mathematics Project. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang model pembelajaran)
ASRI NANDA - PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun, kemampuan pemecahan masih kurang dimiliki siswa disebabkan model pembelajaran yang diterapkan kurang dapat mengoptimalkan berkembangnya proses pemecahan masalah siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan modelpembelajaranMissouri Mathematics Project. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran Missouri Mathematics Project pada materi SPLDV. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimentdengan desain penelitian adalah pretest-posttest equivalent group. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas kontrol adalah 24,77, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 29,08. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung=10,66>ttabel=1,675, yang bermakna bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model Missouri Mathematics Project lebih baik dari pada siswa yang belajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. M. Ikhsan, M. Pd. 2. Cut Intan Salasiyah, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar > 512.9 Dasar-dasar Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd ASRI NANDA GUNAWAN
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:07
Last Modified: 30 Jan 2020 08:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item
TOP