Pengaruh Penerapan Metode Sorogan Terhadap Pemahaman Materi Fiqih Pada Santri Dayah Madinatul Fata Banda Aceh

Subhan, 211323908 (2018) Pengaruh Penerapan Metode Sorogan Terhadap Pemahaman Materi Fiqih Pada Santri Dayah Madinatul Fata Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Metode Pembelajaran)
Subhan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dayah Madinatul Fata adalah sebuah lembaga pendidikan agama yang masih mempertahankan tradisi dayah pada umumnya. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengajaran kitab kuning, Dayah Madinatul Fata menggunakan sistem tradisional. Ternyata dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh pihak dayah pada setiap tahunnya, prestasi para santri masih belum tercapai seperti yang diharapkan. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan oleh para ustadz pada umumnya, yaitu metode ceramah, yang mana metode ini tidak membuat santri aktif, sehingga seorang ustadz tidak mengetahui seberapa paham seorang santri terhadap materi yang telah disampaikan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan metode sorogan terhadap pemahaman fiqih pada santri Dayah Madinatul Fata Banda Aceh? Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri Dayah Madinatul Fata Banda Aceh dengan jumlah 135 santri. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang santri. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes yaitu menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 5 buah soal dan soal uraian yang berjumlah 5 buah. Teknik pengumpulan data dilakukan sebelum penerapan metode sorogan (pretes) dan sesudah penerapan metode sorogan (postes). Sebelum membagikan soal, soal diuji validitas dan realibilitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah sebesar -2,994 degan sig 0.040. Karena sig < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya rata-rata nilai fiqih sebelum dan sesudah menggunakan metode sorogan adalah berbeda. dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode sorogan mempengaruhi nilai siswa pada materi fiqih. Secara umum santri kelas IIIA setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan. Skor terendah santri kelas IIIA saat pretest adalah 7, setelah diberi perlakuan, skor posttest terendah menjadi 8. Skor tertinggi pretest adalah 8, setelah diberi perlakuan skor posttest tertinggi adalah 9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar M. Nur, M.Pd 2. Realita, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan, Metode Sorogan, Pemahaman Materi Fiqih
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Subhan Ramadhan
Date Deposited: 24 Sep 2019 02:41
Last Modified: 24 Sep 2019 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item
View Item